DESAIN PEMBELAJARAN PAI SMP
KELAS IX SEMESTER 2
BAB MENGAMALKAN AJARAN ALQURAN SURAH AL-INSYIRAH
Disusun dan Diajukan Guna Memenuhi Tugas Terstruktur
Mata Kuliah : Desain Pembelajaran PAI Alternatif
Dosen Pengampu : Nurfuadi, M. Pd.I
Disusun oleh :
Budi Triono : 102331108
Anis Zulia A.N :
102331115
Nurul Hidayanti : 102331122
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PURWOKERTO
2013
PENDAHULUAN
Proses pendidikan
yang sudah berjalan di Indonesia tidak bisa terlepas dari seorang Guru. Guru
sangatlah berperan dalam pembelajaran. Memang, pada dasarnya seorang guru hanya
sebagai fasilitator. Pembelajaran merupakan bagian dari pendidikan, dimana dalam
pembelajaran ada tujuh komponen yang harus dipenuhi. Guru, murid dan materi
adalah bagian dari komponen tersebut.Sebelum dilakukan sebuah pembelajaran di
kelas maka seorang guru haris membuat perencanaan pembelajaran, dengan harapan,
agar tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai. Untuk mencapai tujuan
tersebut maka dibutuhkan strategi dalam mengajar. Seorang guru yang mempunyai
banyak kompetensi akan mampu mengubah perilaku peserta didik.
Dalam pembelajaran
ada elemen-elemen yang harus terpenuhi diantaranya materi atau bahan ajar,
kompetensi, strategi atau metode pembelajaran, dan evaluasi. kesesuaian , keserasian dan keselarasan antar
elemen menjadi ruh dalam proses pembelajaran. Makalah ini, ruh tersebut menjadi
fokus kita dalam observasi yang telah dilakukan, dan kami akan membuat desain
materi dan metode pembelajaran dari RPP materi PAI bab “Mengamalkan Ajaran Al
Quran Surah Al Insyirah” yang telah Kami peroleh dari SMP N1 Banyumas.
DESAIN PEMBELAJARAN PAI SMP
KELAS IX
SEMESTER 2
BAB MENGAMALKAN AJARAN ALQURAN SURAH AL-INSYIRAH
A.
Analisis
RPP
a.
SK
dan KD
SK
dan KD yang terdapat dalam RPP sudah sesuai.
b.
Alokasi
Waktu
Waktu
yang dialokasikan sudah cukup karena ada tiga KD dalam RPP dan waktu yang
dialokasikan hanya 2 x 40 menit (1 kali petemuan) untuk setiap KD.
c.
Materi
Dalam
RPP, materi sudah lengkap karena materi yang telah disajikan sudah sesuai untuk
mencapai indicator yang sudah ditentukan dalam silabus.
d.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran dan indicator sudah sesuai. Di RPP tujuan lebih luas dan indicator
sudah ada rinciannya.
e.
Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajarannya sudah variatif, karena tiga aspek yang harus bisa dicapai
secara maksimal.
f.
Langkah-langkah
Pembelajaran.
Langkah
pembelajarannya sudah runtut, dimulai dari pendahuluan, inti dan penutup.
g.
Sumber
Belajar dan Media Pembelajaran.
Sumber
belajar sudah variatif karena tidak terpacu pada buku dari pemerintah namun
mengacu pada buku-buku lain seperti kitab atau internet.
h.
Evaluasi
Evaluasi
yang telah dilakukan belum mengarah pada tiga aspek. Jadi perlu adanya
peningkatan saat melakukan penilaian/evaluasi.
B.
Hasil
Wawancara
Identifikasi Data
Tanggal/Waktu :
Senin, 8 april 2013, jam 10.00-11.00
Tempat :
SMP N 1 BANYUMAS
Subyek Penelitian : Guru
PAI Kelas IX
Topik : Pembelajaran PAI
Kelas IX Semester Genap materi Q.S Al Insyirah
Tentang : Proses
Pembelajaran di Kelas
Isi : Metode yang digunakan dalam proses
pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, untuk materi ini
maka digunakan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. Untuk materi yang
berkaitan dengan sejarah menggunakan metode sosio drama dan metode disesuaikan
dengan keadaan peserta didik, jadi terkadang memang tidak sesuai dengan RPP.
Tentang : Evaluasi
Isi :
evaluasi sering dilakukan di akhir namun untuk tema-tema tertentu evaluasi
dilakukan saat pembelajaran berlangsung. KKM yang digunakan adalah 76,jika ada
peserta didik yang tidak memenuhi KKM maka dilakukan remidial pada pertemuan
berikutnya. Remiadialnya berupa pemberian soal atau tugas yng berbeda pada saat
tes, namun sebelumnya ada pemberitahuan dan penjelasan sedikit tentang materi
yang belum tbisa dicapai KKM nya..
Tentang : Alokasi
Waktu
Isi : Alokasi
yang telah ditentukan hanya cukup untuk pemberian pokok-pokok materi saja.
Untuk pengembangan materi dan prakteknya sulit dilakukan karena adanya
keterbatasan waktu.
Tentang : Sumber Belajar dan media Pembelajaran
Isi : Buku paket PAI kls 9, alQuran, buku Tajwid, LKS PAI dan Internet.
Untuk mengembangkan materi biasanya diambil dari kitab-kitab Arab.
C.
Analisis
Hasil wawancara
a.
Perencanaan
Perencanaan merupakan suatu rencana yang dirancang sebelum
melakukan kegiatan. Dalam pembelajaran, perencanaan yang dimaksud dalam
pembelajaran berbentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP dibuat oleh
guru dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Di SMP N 1 Banyumas sudah ada
RPP namun masih dalam bentuk soft copy / belum diprint.
b.
Pelaksanaan
Pelaksanaan pembelajaran di SMP Banyumas, jika dilihat secara
sekilas saja sudah efektif namun belum benar-benar sesuai dengan RPP terutama
mengenai metode yang digunakan. Guru lebih melihat keadaan siswa saat
pembelajaran akan berlangsung dalam menentukan metode. Hal ini dilakukan dengan
tujuan agar pembelajaran lebih efektif namun hal ini yang menjadikan kurang
sesuainya antara yang ditulis di RPP dengan pelaksanaan.
c.
Hubungan
antara perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mempunyai hubungan yang
sangat erat. Pelaksanaan merupakan wujud dari perencanaan dan evaluasi adalah
akhir dari pembelajaran untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran yang
telah terlaksana. Dengan evaluasi guru akan mengetahui bagaimana pembelajaran
yang telah dilakukan, sudah mencapai tujuan yang ditentukan atau belum, jika
memang belum maka perlu adanya perubahan dalam perencanaan.
Antara ketiganya harus ada kesesuaian, agar tujuan pembelajaran
dapat dicapai. Seperti yang kita ketahui bahwakesesuaian dan keselarasan adalah
ruh yang harus ada dalam empat elemen pembelajaran.
DESAIN MATERI PEMBELAJARAN PAI SEMESTER 2
BAB “MENGAMALKAN AL QURAN SURAT AL INSYIRAH”
KURIKULUM
|
RPP
|
SILABUS
|
MATERI PAI
|
Q.S AL INSYIRAH
|
TERJEMAH LENGKAP
|
TERJEMAH PERKATA
|
KANDUNGAN Q.S AL INSYIRAH
|
PENGAMALAN Q.S AL
INSYIRAH
|
Keterangan:
Pusat (pemerintah) memberikan
kurikulum pada sekolahan, kemudian guru mengembangkannya menjadi silabus. Silabus
masih berisi tentang hal-hal yang umum, kemudian silabus itu dirinci menjadi
RPP yang didalam RPP terdapat SK, KD, Alokasi Waktu, Tujuan, Materi, Metode,
Media, Langkah kegiatan, Sumber dan Evaluasi.
Materi tentang “ Mengamalkan Ajaran
Alquran Surat Al-Insyirah” dalam RPP meliputi: Bacaan/ Lafadz Surat
al-insyirah, terjemah perkata dan terjemah lengkap dan kandungan surat Al
Insyirah serta Pengamalan isi kandungan dalam kehidupan sehari-hari.
DESAIN
METODE PEMBELAJARAN PAI
BAB
“MENGAMALKAN AJARAN ALQURAN SURAH AL-INSYIRAH”
(Metode Ceramah
dan Diskusi)
(Guru Menyampaikan materi Q.S Al Insyirah)
(Siswa berdiskusi tentang kandungan dan Guru
mengawasi proses diskusi)
(Siswa
Mempresentasikan Hasil Diskusi)
(Guru
Mengklarifikasi Hasil Diskusi )
DESAIN METODE
PEMBELAJAR PAI
BAB
“MENGAMALKAN AJARAN AL-QURAN SURAT AL INSYIRAH
|
1
|
P.B
|
2
|
3
|
Keterangan:
P.B: Proses Penmbelajaran, Proses Pembelajaran meliputi 3 tahap,
yaitu:
1. Pendahuluan (tahap pra intruksional)
Pada tahap ini, Guru melakukan
pengkondisian kelas misalnya dengan cara menanyakan kehadiran siswa dan
menanyakan mengenai materi yang telah disampaikan sebelumnya, tahap ini
dilakukan dalam upaya apersepsi.
2.Inti (tahap intruksional)
Sebelumnya guru menjelaskan tujuan.
Kemudian menjelaskan materi pokok mengenai surat Al Insyirah menggunakan metode
ceramah , dengan bantuan media berupa LCD, dan Buku paket PAI kls 9, alQuran, buku Tajwid, dan LKS PAI
1.
Penutup
Pada
tahap penutup, Guru mengklarifikasi hasil diskusi para siswa dan memberikan
kesimpulan mengenai materi “Mengamalkan Ajaran Al Quran surah Al Insyirah.
Serta melakukan penilaian pada masing-masing siswa.
PENUTUP
Desain pembelajaran sebagai proses
penentuan metode dalam pembelajaran yang tepat, sehingga akan menghasilkan
perubahan dalam diri siswa. Dan tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan juga tercapai. Karena pendidikan adalah
proses perubahan pada individu sehingga diharapkan, setelah individu itu
mengemban pendidikan dan melakukan proses pembelajaran berubah menjadi lebih
baik.
Dalam makalah ini, kami mencoba
untuk membuat desain pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi agar proses
pembelajaran berlangsung efektif dan efisien. Salah satu tujuannya adalah siswa
mampu memahami materi tentang Q.S Al insyirah dan mengamalkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar