Pendidikan sebagai media menjadi Insan Kamil

Minggu, 20 Desember 2015

DESAIN PEMBELAJARAN PAI SMP KELAS IX SEMESTER 2 BAB MENGAMALKAN AJARAN ALQURAN SURAH AL-INSYIRAH

DESAIN PEMBELAJARAN PAI SMP
KELAS IX SEMESTER 2
BAB MENGAMALKAN AJARAN ALQURAN SURAH AL-INSYIRAH
Disusun dan Diajukan Guna Memenuhi Tugas Terstruktur
Mata Kuliah : Desain Pembelajaran PAI Alternatif
Dosen Pengampu : Nurfuadi, M. Pd.I
Disusun oleh :
Budi Triono                                       : 102331108
Anis Zulia A.N                                   : 102331115
Nurul Hidayanti                                 : 102331122


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PURWOKERTO
2013

PENDAHULUAN
            Proses pendidikan yang sudah berjalan di Indonesia tidak bisa terlepas dari seorang Guru. Guru sangatlah berperan dalam pembelajaran. Memang, pada dasarnya seorang guru hanya sebagai fasilitator. Pembelajaran merupakan bagian dari pendidikan, dimana dalam pembelajaran ada tujuh komponen yang harus dipenuhi. Guru, murid dan materi adalah bagian dari komponen tersebut.Sebelum dilakukan sebuah pembelajaran di kelas maka seorang guru haris membuat perencanaan pembelajaran, dengan harapan, agar tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dibutuhkan strategi dalam mengajar. Seorang guru yang mempunyai banyak kompetensi akan mampu mengubah perilaku peserta didik.
            Dalam pembelajaran ada elemen-elemen yang harus terpenuhi diantaranya materi atau bahan ajar, kompetensi, strategi atau metode pembelajaran, dan evaluasi.  kesesuaian , keserasian dan keselarasan antar elemen menjadi ruh dalam proses pembelajaran. Makalah ini, ruh tersebut menjadi fokus kita dalam observasi yang telah dilakukan, dan kami akan membuat desain materi dan metode pembelajaran dari RPP materi PAI bab “Mengamalkan Ajaran Al Quran Surah Al Insyirah” yang telah Kami peroleh dari SMP N1 Banyumas.









DESAIN PEMBELAJARAN PAI SMP
KELAS IX SEMESTER 2
BAB MENGAMALKAN AJARAN ALQURAN SURAH AL-INSYIRAH
A.    Analisis  RPP
a.       SK dan KD
SK dan KD yang terdapat dalam RPP sudah sesuai.
b.      Alokasi Waktu
Waktu yang dialokasikan sudah cukup karena ada tiga KD dalam RPP dan waktu yang dialokasikan hanya 2 x 40 menit (1 kali petemuan) untuk setiap KD.
c.       Materi
Dalam RPP, materi sudah lengkap karena materi yang telah disajikan sudah sesuai untuk mencapai indicator yang sudah ditentukan dalam silabus.
d.      Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dan indicator sudah sesuai. Di RPP tujuan lebih luas dan indicator sudah ada rinciannya.
e.       Metode Pembelajaran
Metode pembelajarannya sudah variatif, karena tiga aspek yang harus bisa dicapai secara maksimal.
f.       Langkah-langkah Pembelajaran.
Langkah pembelajarannya sudah runtut, dimulai dari pendahuluan, inti dan penutup.
g.      Sumber Belajar dan Media Pembelajaran.
Sumber belajar sudah variatif karena tidak terpacu pada buku dari pemerintah namun mengacu pada buku-buku lain seperti kitab atau internet.
h.      Evaluasi
Evaluasi yang telah dilakukan belum mengarah pada tiga aspek. Jadi perlu adanya peningkatan saat melakukan penilaian/evaluasi.

B.     Hasil Wawancara

Identifikasi Data
Tanggal/Waktu            : Senin, 8 april 2013, jam 10.00-11.00
Tempat                        : SMP N 1 BANYUMAS
Subyek Penelitian       : Guru PAI Kelas IX
Topik                             : Pembelajaran PAI Kelas IX Semester Genap materi Q.S Al Insyirah
Tentang           : Proses Pembelajaran di Kelas
Isi                    : Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, untuk materi ini maka digunakan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. Untuk materi yang berkaitan dengan sejarah menggunakan metode sosio drama dan metode disesuaikan dengan keadaan peserta didik, jadi terkadang memang tidak sesuai dengan RPP.
Tentang           : Evaluasi
Isi                    : evaluasi sering dilakukan di akhir namun untuk tema-tema tertentu evaluasi dilakukan saat pembelajaran berlangsung. KKM yang digunakan adalah 76,jika ada peserta didik yang tidak memenuhi KKM maka dilakukan remidial pada pertemuan berikutnya. Remiadialnya berupa pemberian soal atau tugas yng berbeda pada saat tes, namun sebelumnya ada pemberitahuan dan penjelasan sedikit tentang materi yang belum tbisa dicapai KKM nya..
Tentang           : Alokasi Waktu
Isi                    : Alokasi yang telah ditentukan hanya cukup untuk pemberian pokok-pokok materi saja. Untuk pengembangan materi dan prakteknya sulit dilakukan karena adanya keterbatasan waktu.
Tentang           :  Sumber Belajar dan media Pembelajaran
Isi                    : Buku paket PAI kls 9,  alQuran, buku Tajwid, LKS PAI dan Internet. Untuk mengembangkan materi biasanya diambil dari kitab-kitab Arab.

C.     Analisis Hasil wawancara
a.       Perencanaan
Perencanaan merupakan suatu rencana yang dirancang sebelum melakukan kegiatan. Dalam pembelajaran, perencanaan yang dimaksud dalam pembelajaran berbentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP dibuat oleh guru dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Di SMP N 1 Banyumas sudah ada RPP namun masih dalam bentuk soft copy / belum diprint.
b.      Pelaksanaan
Pelaksanaan pembelajaran di SMP Banyumas, jika dilihat secara sekilas saja sudah efektif namun belum benar-benar sesuai dengan RPP terutama mengenai metode yang digunakan. Guru lebih melihat keadaan siswa saat pembelajaran akan berlangsung dalam menentukan metode. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pembelajaran lebih efektif namun hal ini yang menjadikan kurang sesuainya antara yang ditulis di RPP dengan pelaksanaan.
c.       Hubungan antara perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mempunyai hubungan yang sangat erat. Pelaksanaan merupakan wujud dari perencanaan dan evaluasi adalah akhir dari pembelajaran untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran yang telah terlaksana. Dengan evaluasi guru akan mengetahui bagaimana pembelajaran yang telah dilakukan, sudah mencapai tujuan yang ditentukan atau belum, jika memang belum maka perlu adanya perubahan dalam perencanaan.
Antara ketiganya harus ada kesesuaian, agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Seperti yang kita ketahui bahwakesesuaian dan keselarasan adalah ruh yang harus ada dalam empat elemen pembelajaran.




DESAIN MATERI PEMBELAJARAN PAI SEMESTER 2
BAB “MENGAMALKAN AL QURAN SURAT AL INSYIRAH”

KURIKULUM
                       
RPP



SILABUS
MATERI PAI
Q.S  AL INSYIRAH
TERJEMAH LENGKAP
TERJEMAH PERKATA
KANDUNGAN Q.S AL INSYIRAH         

PENGAMALAN  Q.S AL INSYIRAH
 
















Keterangan:
Pusat (pemerintah) memberikan kurikulum pada sekolahan, kemudian guru mengembangkannya menjadi silabus. Silabus masih berisi tentang hal-hal yang umum, kemudian silabus itu dirinci menjadi RPP yang didalam RPP terdapat SK, KD, Alokasi Waktu, Tujuan, Materi, Metode, Media, Langkah kegiatan, Sumber dan Evaluasi. 
Materi tentang “ Mengamalkan Ajaran Alquran Surat Al-Insyirah” dalam RPP meliputi: Bacaan/ Lafadz Surat al-insyirah, terjemah perkata dan terjemah lengkap dan kandungan surat Al Insyirah serta Pengamalan isi kandungan dalam kehidupan sehari-hari.














DESAIN METODE PEMBELAJARAN PAI
BAB “MENGAMALKAN AJARAN ALQURAN SURAH AL-INSYIRAH”
(Metode Ceramah dan Diskusi)

(Guru Menyampaikan materi Q.S Al Insyirah)
(Siswa berdiskusi tentang kandungan dan Guru mengawasi proses diskusi)
(Siswa Mempresentasikan Hasil Diskusi)                                                      
                                          
                                                                                    (Guru Mengklarifikasi Hasil Diskusi )


DESAIN METODE PEMBELAJAR PAI
BAB “MENGAMALKAN AJARAN AL-QURAN SURAT AL INSYIRAH



1
P.B
 


2
                                                                     
3
 


Keterangan:
P.B: Proses Penmbelajaran, Proses Pembelajaran meliputi 3 tahap, yaitu:
1. Pendahuluan (tahap pra intruksional)
Pada tahap ini, Guru melakukan pengkondisian kelas misalnya dengan cara menanyakan kehadiran siswa dan menanyakan mengenai materi yang telah disampaikan sebelumnya, tahap ini dilakukan dalam upaya apersepsi.
2.Inti (tahap intruksional)
Sebelumnya guru menjelaskan tujuan. Kemudian menjelaskan materi pokok mengenai surat Al Insyirah menggunakan metode ceramah , dengan bantuan media berupa LCD, dan Buku paket PAI kls 9,  alQuran, buku Tajwid, dan LKS PAI
1.      Penutup 
Pada tahap penutup, Guru mengklarifikasi hasil diskusi para siswa dan memberikan kesimpulan mengenai materi “Mengamalkan Ajaran Al Quran surah Al Insyirah. Serta melakukan penilaian pada masing-masing siswa.         


PENUTUP

Desain pembelajaran sebagai proses penentuan metode dalam pembelajaran yang tepat, sehingga akan menghasilkan perubahan dalam diri siswa.  Dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan juga tercapai. Karena pendidikan adalah proses perubahan pada individu sehingga diharapkan, setelah individu itu mengemban pendidikan dan melakukan proses pembelajaran berubah menjadi lebih baik.
Dalam makalah ini, kami mencoba untuk membuat desain pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi agar proses pembelajaran berlangsung efektif dan efisien. Salah satu tujuannya adalah siswa mampu memahami materi tentang Q.S Al insyirah dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar